Kenali Batas Aman Konsumsi Susu Bubuk Coklat

February 9, 2021 by No Comments

Terkadang orang suka mengonsumsi susu cair kemasan tanpa menghabiskannya secara langsung. Biasanya sisa susu akan disimpan ke dalam kulkas agar bisa dikonsumsi kembali kapan saja. Namun, bagaimana dengan susu atau bubuk minuman coklat yang sudah pindah dari kemasan ke wadah lain? Supaya Anda tidak mengalami risiko kesehatan karena kesalahan penyimpanan susu, sebaiknya simak fakta penting berikut!

Fakta tentang masa kadaluwarsa susu kemasan dan bubuk minuman coklat

 

Buat Anda yang masih ragu hendak mengonsumsi susu cair kemasan atau susu bubuk yang sudah melewati masa batas aman konsumsi, sebaiknya mengetahui beberapa fakta penting yaitu :

1.  Keamanan mengonsumsi susu kemasan

Tenang saja, Anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan mengonsumsi susu kemasan yang sudah mendekati masa akhir konsumsi. Berdasarkan pakar gizi terkemuka, konsumsi susu kemasan boleh saja melewati masa akhir konsumsi asal masih berada dalam batas aman yaitu 1-2 hari setelah susu expired. Masa expired yang terlampir pada kemasan menunjukkan susu lebih enak dikonsumsi sebelum masa kadaluwarsa tiba, ya!

2.  Mengecek kondisi susu

Meski masih aman dalam batas konsumsi 1-2 hari setelah tanggal kadaluwarsa, tetapi konsumen harus memperhatikan kondisi kemasan juga. Jika kemasan sudah rusak, bisa jadi susu tidak layak dikonsumsi lagi. Perhatikan aroma dan warna susu yang berubah atau tidak sebelum mulai mengonsumsinya, ya!

3.  Ketahanan susu bubuk

Jika Anda mengonsumsi bubuk minuman coklat, sebaiknya simpan produk di tempat yang tertutup rapat. Susu bubuk yang disimpan di wadah tertutup rapat dan tidak ada udara bisa bertahan lebih lama setidaknya 2-4 minggu sejak kemasan dibuka.

Setiap susu bubuk bisa saja berbeda masa penyimpanan dan batas konsumsi setelah kemasan dibuka. Namun, dokter menyarankan untuk segera menghabiskan susu bubuk yang sudah dibuka tersebut atau tidak sampai masa 3 bulan.

4.  Ketahui dampak kesehatan mengonsumsi susu kadaluwarsa

Paparan udara bisa membuat susu bubuk mengalami perubahan warna, rasa atau aroma bila telah melebihi tenggang yang dianjurkan. Mengonsumsi susu atau bubuk minuman yang telah mencapai batas 2-4 minggu setelah kemasan dibuka bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Orang yang mengonsumsi susu kadaluwara berisiko mengalami masalah diare, mual, muntah, kram perut hingga keracunan. Penting sekali mengecek tanggal kadaluwarsa setiap Anda hendak membeli produk susu apa saja, ya!

Beberapa fakta terkait keamanan mengonsumsi susu harus Anda pahami agar tidak mengakibatkan risiko kesehatan yang fatal. Bagi anak-anak, Anda harus mengecek aroma, rasa dan warna susu lebih dahulu sebelum memberikannya pada si kecil. Bisa saja batas konsumsi masih aman tetapi bubuk minuman coklat tidak layak konsumsi karena mengalami kerusakan kemasan atau segel telah terbuka. Selektif membeli akan memberikan manfaat kesehatan mengonsumsi susu untuk keluarga tercinta Anda.