4 Hal Pendukung Nafsu Makan Anak Kembali

February 12, 2021 by No Comments

Anak suka sekali mengeksplorasi lingkungannya dalam kegiatan harian mereka. Dimana kegiatan tersebut akan mendukung pembentukan mental mereka maupun pembentukan pola pikir mereka. Kegiatan tersebut juga membantu anak untuk dapat bersosialisasi dengan baik antar teman sebaya mereka. Sebab, melalui kegiatan tersebut anak akan berjumpa banyak orang yang akan membantu mereka bertemu dengan banyak karakter orang.

Tetapi ada kalanya kegiatan eksplorasi yang dilakukan membuat anak mengesampingkan kegiatan makan mereka. Kegiatan bermain kapanpun dan melakukan eksplorasi dimanapun bersama teman mereka akan membuat mereka keasyikan sehingga lupa waktu. Belum lagi waktu eksplorasi mereka membuat mereka kelelahan. Beberapa hal tersebut akan membuat nafsu makan anak menjadi menurun yang akan berdampak pada tumbuh kembang anak.

Dalam hal ini orang tua akan pusing dan khawatir karena anak mereka menjadi malas makan. Apabila dilanjutkan kesehatan anak menjadi menurun karena asupan makan mereka berkurang. Padahal memberikan nutrisi yang baik bagi anak ketika tumbuh dan berkembang merupakan kegiatan yang disarankan untuk dilakukan dalam menunjang tumbuh kembang anak. Maka dari itu ada beberapa cara mengatasi anak susah makan yang dapat dilakukan orang tua.

Berikut merupakan beberapa cara mengatasi anak susah makan yang mudah dilakukan dan berhasil membujuk anak makan. Dengan begitu kebutuhan nutrisi harian anak tercukupi dengan baik

1. Memberikan porsi makan anak sedikit tapi sering dilakukan

Cara mengatasi anak susah makan cukup manjur dilakukan. Ketika anak malas makan maka anda dapat memberikan makanan dengan porsi kecil namun sering. Hal ini dilakukan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan energi anak dalam beraktivitas. Jangan paksa anak makan atau bahkan memarahi anak untuk makan karena akan membuat mood anak buruk.

2. Mengenalkan resep baru kepada anak

Kegiatan ini dapat dilakukan untuk mengatasi rasa bosan anak kepada makanan. Resep baru yang dicoba dapat berupa menu yang masih disukai anak dan menyehatkan. Misalnya anak menyukai sop ayam, anda dapat mengkreasikan menu baru seperti membuat soto ayam ataupun capcay goreng. Pengenalan makanan baru dapat dilakukan secara perlahan.

3. Mengajak anak memasak makanannya

Jika anak sudah cukup umur dan mengerti, ada baiknya anda mengajak anak anda memasak bersama makanan yang akan dikonsumsinya. Hal ini dapat membantu anak untuk berkreasi dengan makanannya dan ingin mencicipi rasa masakannya.

4. Melakukan kreasi pada menu makanan anak baik bentuk maupun wadah yang digunakan

Jika anak malas makan, cara mengatasi anak susah makan adalah dengan berkreasi dengan menu makanannya. Anda juga dapat menarik minat anak makan dengan menggunakan piranti makan yang menarik. Dimana kegiatan ini akan membuat anak tertarik untuk makan dengan lahap .